Kategori Artikel

Kamis, 08 September 2016

PEMBUKA PINTU REZEKI


Rezeki sering dikonotasikan sebagai materi. Ketika materi sedikit, kita sering menganggap rezeki kita sedikit. Begitu juga sebaliknya. Padahal rezeki bukan hanya soal materi. Intinya segala hal yang menjadi kebutuhan hidup kita. Makanan, materi, kesehatan, keamanan, dan lain-lain, itulah rezeki.
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar Yang Maha Pemberi Rezeki memberikan rezeki yang berlimpah kepada kita.
1.       Istighfar dan taubat; Perbanyaklah memohon ampunan kepada Allah atas segala kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan. Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar, dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangkanya. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Nasa’i, dan Hakim)
2.       Hijrah di jalan Allah; Pindah ke suatu tempat yang lebih baik. Bisa juga diartikan pindah meninggalkan perbuatan buruk dan menggantinya dengan perbuatan yang lebih baik.
3.       Beribadah dengan sungguh-sungguh kepada Allah
4.       Memelihara silaturrahmi
5.       Berinfak di jalan Allah
6.       Bersedekah kepada Orang-orang yang lemah
7.       Memberi nafkah kepada Penuntut Ilmu Syari’at
8.       Bertawakkal kepada Allah; Tawakkal artinya berusaha dan menyerahkan diri kepada Allah. Tawakkal bukan berarti diam dan pasrah, tanpa berusaha karena percaya garis takdir sudah ditentukan.
9.       Bertakwa kepada Allah; Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS Ath Thalaq; 65:2-3)
10.    Berhaji dan Umrah (bila mampu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar