Kategori Artikel

Sabtu, 13 Agustus 2016

MENGGAPAI KETENANGAN DENGAN BERDZIKIR




Orang tua kita sering mengatakan: “Lebih enak hidup dijaman sekarang dibandingkan jaman dulu. Kalau dulu semua serba susah. Meskipun ada uang, kita susah mendapatkan sesuatu karena barangnya tidak ada. Berbeda dengan sekarang, semua serba ada dan serba gampang untuk mendapatkannya..”
Mungkin ada benarnya pernyataan itu. Namun bila kita kaji lebih dalam, sebenarnya hidup dijaman sekarang pun tidak kalah susahnya dibandingkan hidup dijaman dulu. Memang, sekarang serba ada. Segala sesuatu tersedia. Namun ternyata alat untuk mendapatkan semua itu (uang) tidaklah mudah diperoleh. Saking susahnya, akhirnya kebanyakan orang tidak lagi mempedulikan halal haram dalam memperoleh uang. Yang penting dapat uang agar keinginan untuk mendapatkan sesuatu bisa tercapai.
Intinya, setiap manusia mengalami tantangan dalam hidupnya sesuai dengan jamannya masing-masing. Inilah yang membuat hidup tidak mudah, yang membuat berbagai masalah dalam hidup muncul. Mulai dari masalah ekonomi, keamanan, dan lain-lain.
Berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan akan berpengaruh dalam ketenangan batin seseorang. Dan ketenangan batin akan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Saat ketenangan batin tidak tercapai, maka hidup menjadi susah. Sebaliknya, ketika ketenangan batin dapat diraih, maka kebahagiaan dalam hidup akan diperoleh. Berbagai kemudahan pun akan didapat.
Lalu, apa yang harus dilakukan agar ketenangan batin itu dapat dicapai? Tuhan telah mengingatkan kepada kita bahwa untuk mencapai ketenangan batin caranya sangat mudah.
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS Ar Ra’du 13: 28).
Betul, dengan memperbanyak mengingat Allah maka hati akan menjadi tenteram. Akan tetapi, kebanyakan manusia tidak meyakininya sehingga hal itu tidak dilakukannya. Akibatnya, ketenangan batin tidak tercapai, masalah pun tak kunjung usai.
Bagi orang yang belum yakin, mereka bepikir, bagaimana mungkin hanya dengan ingat kepada Allah maka semua masalah akan selesai.. Padahal kekuasaan Allah tidak perlu dipikirkan.  
Dengan ingat kepada Allah hati akan menjdi tenang. Dengan ketenangan itulah Allah akan menunjukkan kepada kita jalan keluar atas segala persoalan yang sedang kita hadapi. Cepat atau lambat. Sebaliknya, bila Tuhan (seolah) belum menunjukkan solusi atas masalah kita, setidaknya dengan ketenangan batin tersebut kita akan aman. Aman dari dampak negatif masalah yang tengah kita hadapi.

Bila kita salah dalam mencari solusi, bukan jalan keluar yang akan kita dapatkan, namun justru masalah baru yang akan kita peroleh. Jadi, solusi terbaik atas segala persoalan hidup adalah memperbanyak mengingat Allah. Perbanyaklah mengingat Allah, dan biarkan Allah membimbing kita untuk menemukan solusi atas segala persoalan yang kita hadapi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar